Menerapkan 4C’s Diamond dalam Product Research

by Tim Penulis Managix  – Tuesday, July 9, 2019

Dalam memulai sebuah bisnis baru, baik berupa produk maupun layanan, riset memang suatu hal yang harus dilakukan. Namun tidak jarang kita sering bingung, apa saja sih yang harus kita riset sebelum memulai sebuah bisnis baru. Sebuah perusahaan konsultan marketing, MarkPlus Inc, sempat memperkenalkan sebuah konsep 4C’s Diamond, yang dikenal sebagai panduan dalam melakukan sebuah analisa terhadap suatu bisnis.

Komponen dalam 4C’s Diamond yang terdiri dari Change, Customer, Competitor, dan Company ini, sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk melakukan product research dalam bisnis kecil yang akan kita geluti nantinya. Bagaimana sih penerapan 4C’s Diamond dalam product research? Yuk kita bahas satu-persatu!

Change

Dunia selalu berubah, tidak ada hal yang stagnan, semuanya berkembang secara dinamis. Begitu juga dalam bisnis. Perubahan perilaku konsumen beberapa tahun terakhir sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan digital. Dengan kondisi yang sekarang ini, kita selalu dituntut untuk up to date dengan semua informasi di sekitar kita. Sumber informasi yang banyak dan beragam membuat kita harus menyaring informasi mana yang sesuai dan bermanfaat untuk bisnis kita nantinya.

Informasi tentang perubahan dan perkembangan dunia bisnis yang terjadi di sekitar kita bisa kita dapatkan dengan melakukan riset menggunakan data sekunder dari berbagai sumber informasi. Mulai dari media-media bisnis, publikasi survei atau kajian dari berbagai lembaga survei. Riset tentang produk dan layanan juga bisa lakukan dengan mencari data primer langsung dari bisnis yang akan atau sedang kita geluti. Riset dengan data primer ini bisa kita lakukan dengan cara observasi.

Bagi pebisnis yang sudah mempunyai bisnis, informasi yang dicari harus sesuai dengan bisnis yang digeluti. Mencari informasi yang kurang penting yang tidak berhubungan dengan bisnis, akan terlalu banyak membuang waktu dan tenaga, yang bisa dilakukan untuk melakukan hal lain yang berpengaruh terhadap bisnis. Bagi para calon pebisnis yang masih belum punya gambaran tentang produk atau layanan yang akan dijual, informasi tentang perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam dunia bisnis akan menjadi pertimbangan untuk menentukan produk dan layanan yang akan ditawarkan.

Customer

Setelah mendapatkan informasi tentang perubahan atau perkembangan bisnis di sekitar serta sudah menentukan produk atau layanan yang akan ditawarkan, selanjutnya kita wajib mengetahui tentang calon konsumen atau konsumen kita. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menentukan segmen atau target dari produk atau layanan yang akan ditawarkan. Pengelompokan segmen konsumen ini bisa berdasarkan usia, status pernikahan, kondisi sosial ekonomi dan beberapa kelompok lainnya. 

Setelah menentukan kelompok segmen yang akan dituju, kita tentu harus mengetahui perilaku dan kebutuhan untuk target segmen kita tersebut. Produk dan layanan untuk kelompok muda atau yang sering disebut sebagai kelompok milenial, tentu berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Perilaku konsumen yang berada di kota, tentu berbeda dengan konsumen yang ada di daerah perkotaan.

Informasi tentang konsumen  atau calon konsumen kita bisa kita lakukan dengan mencari data primer melalui observasi, wawancara mendalam atau diskusi santai dengan segmen konsumen target kita. Informasi berupa data sekunder tentang perilaku konsumen Indonesia berdasarkan segmen usia, area tempat tinggal ataupun kondisi ekonomi, bisa kita dapatkan dengan mudah dari berbagai lembaga survei ataupun data publikasi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Competitor

Setelah mengetahui perkembangan bisnis serta perilaku dan kebutuhan konsumen, selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mencari informasi tentang produk atau layanan dari pesaing atau calon pesaing kita. Informasi bisa dengan mudah kita dapatkan dari media sosial pesaing, wawancara atau ngobrol santai dengan pengguna produk atau layanan pesaing dan tentu saja kita bisa berpura-pura menjadi konsumen dari pesaing.

Informasi apa yang perlu kita dapatkan dari pesaing. Informasi yang kita butuhkan bisa berupa elemen-elemen dalam Marketing Mix (4P), yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Kita harus tahu produk atau layanan apa saja yang ditawarkan oleh pesaing, dan apa keunikan dari masing-masing produk atau layanan tersebut. Informasi tentang kelebihan dan kekurangan produk atau layanan pesaing juga bisa menjadi informasi untuk mengembangkan produk atau layanan kita nantinya. Informasi tentang harga juga bisa menjadi sejenis benchmark untuk kita, mau ambil harga yang lebih murah atau lebih mahal atau menyesuaikan dengan kualitas produk layanan nantinya.

Informasi tentang lokasi-lokasi pesaing, bisa menjadi strategi kita untuk mendapatkan ceruk pasar yang sama atau memilih lokasi berbeda untuk mendapatkan segmen yang berbeda. Informasi tentang program promosi pesaing juga akan bermanfaat untuk kita dalam penyusunan program promosi yang nantinya akan kita gunakan. Media sosial apa yang digunakan, konten yang ditampilkan dan tentu saja promo diskon apa yang sudah dilakukan pesaing akan menjadi bahan dalam penyusunan promosi bagi bisnis kita.

Company

Setelah mengetahui perkembangan bisnis, perilaku dan kebutuhan konsumen serta banyak informasi tentang competitor, yang tidak kalah penting juga kita juga harus melakukan riset terhadap internal bisnis kita sendiri. Lebih tepatnya sebuah evaluasi terhadap bisnis sendiri. Dengan semua perkembangan dunia bisnis, perubahan kebutuhan dan perilaku konsumen serta usaha-usaha yang sudah dilakukan pesaing, kira-kira apa yang bisa kita lakukan atau kita kembangkan dari produk atau layanan kita agar bisa mengikuti perkembangan zaman serta memenuhi kebutuhan konsumen yang tidak bisa dipenuhi oleh para pesaing atau calon pesaing kita nantinya.

Jadi, melakukan product research sama sekali tidak sulit dan membingungkan, bukan? Bisa kita mulai dengan metode sederhana tanpa konsep yang terlalu beretorika.

Selamat bergelut dengan riset, riset dan riset!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram