Ad Design

by Tim Penulis Managix – Tuesday, July 9, 2019

What is that?

Ad Design , sebetulnya apa itu? Pasti dari banyak orang di dunia ini, lebih banyak yang bingung akan Ad Design daripada orang yang mengerti.

Anda Mengerti?

Apakah anda yakin mengerti secara 100% sampai kepada akar akarnya? Jika anda berkata YES, Tempat ini sangat berguna untuk menambah wawasan anda lagi. Jika NO, maka tempat ini adalah tempat yang anda cari-cari.

Ad Design adalah desain yang mempunyai iklan ( ada hal yang ingin di sampaikan kepada masyarakat luas). Ad Design jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti desain iklan. Kaum milenial jaman sekarang atau di kenal sebagai generasi Y, banyak menggunakan Ad Design untuk keperluan sehari-hari (untuk bisnis, tugas, ataupun keperluan pribadi).

Ad Design mirip dengan Graphic Design , dua desain ini mempunyai banyak kesamaan. Kesamaan yang ada membuat banyak orang lupa akan ciri khas masing-masing desain yang ada. Hal ini membuat masyarakat menyebutkan semua desain adalah Graphic Design.

Function

Perbedaan yang menonjol dapat di lihat pada fungsi di tiap masing-masing desain:

1. Graphic Design

    • Desain grafis membuat kreatifitas tiap individu berkembang.
      Hal ini terjadi dikarenakan, tiap individu tidak diharuskan untuk mencapai target, melainkan target yang di tuju pada tiap individu merupakan kualitas desain.
      Semakin bagus desain yang di hasilkan, semakin menimbulkan seni yang tinggi. Graphic Design menimbulkan adanya kesan estetika yang baik dari kata ataupun simbol-simbol.
    • Proses pada Graphic Design membutuhkan data yang sangat detail Data yang ideal pada Graphic Design berupa tata letak penempatan (tulisan maupun simbol). Pemikiran yang ideal akan konsep awal, dan mempertimbangkan berbagai hal (estetika) agar terciptanya desain yang bernilai tinggi.
    • Meningkatkan estetika suatu perusahaan atau institusi. Grapich Design membantu terhubung suatu perusahaan dengan konsumen. Menarik konsumen dengan adanya estetika yang timbul melalui Grapic Design. Hal ini menyebabkan kualitas antara institusi dengan konsumen terjaga.
    • Representasi Grafis Hal ini membuat, suatu perusahan benar benar fokus ke nilai nilai inti (pokok yang ingin di tuju). Hal ini mengharuskan desainer dapat menyerang titik visual yang di tuju. Grapich Design bekerja dengan berbagai macam elemen.

2. Ad Design

    • Fokus kepada penjualan
      Hal ini membuat Ad Design menjadi lebih mudah untuk di buat, karena ruang lingkup yang di tuju lebih kecil (hanya untuk satu tujuan). Ad Design merupakan
      desain yang menyenangkan karena digunakan untuk skala kecil, seperti penjualan
      pensil maka desain yang di buat fokus untuk penjualan pensil saja (tidak dalam
      skala besar seperti perusahaan). Berbagai Hal yang harus di persiapkan Ad Design tidak sebesar Graphic Design, namun bukan bearti gampang. Hal ini di karenakan proposisi di setiap elemen harus dipertimbangkan seperti melakukan riset pasar, ruang lingkup kegiatan yang di buat dan juga melakukan survei atau penelitian kepada masyarkat luas.
    • Desain bukan ”Fokus Utama.”
      Ad Design tercipta akibat adanya permintaan dari para konsumen mengenai produk yang ditawarkan. Hal ini yang menyebabkan Ad Design ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (memperkenalkan produk secara jelas kepada masyarakat.) Media sosial adalah layanan yang tepat untuk Ad Design seperti televisi, radio , copy writing, instagram, facebook, twitter dan masih banyak lagi.
    • Tajuk utama adalah penawaran
      Penawaran yang terjadi pada Ad Design menyebabkan kompetitor di mana-mana, sehingga seorang desainer harus betul-betul mempersiapkan setiap elemen yang ada. Penawaran bisa terjadi secara verbal maupun non verbal, seperti adanya kegiatan bonus atau potongan diskon (untuk menarik minat dari konsumen).

Where is we should start it?

Setelah mengetahui akan pengertian Ad Design, hal ini membuat kita merasa tertantang untuk mulai melakukan. Kaum milenial jaman sekarang lebih sering menjalankan bisnisnya dengan menggunakan media Ad Design. Jaman sekarang sudah berbeda lagi dengan jaman dahulu, melakukan promosi dengan Ad Design tanpa mengeluarkan biaya menjadi suatu kemungkinan yang tinggi. Hal ini disebabkan adanya media sosial yang mulai merajalela di semua daerah.
Hal yang di butuhkan hanyalah sepasang ponsel pintar atau komputer dengan paket data, bisa memakai Wi-Fi atau berlangganan sudah bisa melakukan Ad Design.

Teman-teman bisa mulai memilih aplikasi apa yang cocok untuk teman-teman gunakan dalam melakukan Ad Design. Playstore menyediakan aplikasi gratis yang bisa teman-teman download untuk memulai Ad Design dan menghasilkan. Pada komputer teman-teman bisa memilih banyak media seperti ilustrator, photoshop ataupun media lainnya.

Are you Ready about the results that you will get?

Hasil apa? Berapa banyak yang bisa saya dapatkan ? Serta kapan itu akan terjadi?

Semua kerja keras yang di kerjakan di dunia ini akan berbuah. Hasil yang di dapat pada sebuah klien besar seperti perusahaan hasilnya akan lebih banyak daripada klien kecil, namun jangan berkecil hati karena kualitas yang di berikan kepada semua klien harus yang terbaik.

Siapa yang tau akan masa depan?

Klien besar terkadang di mulai dengan banyaknya klien kecil, dalam arti semua orang juga mengalami proses dari bawah ke atas (jangan sampai terbalik.) Sedikit banyak hasil yang kita dapat bukan kita yang menentukan, melainkan Sang Pecipta. Tidak perlu untuk berkecil hati, karena waktu sudah ada yang atur.

Kapan itu terjadi?

Selama kita melakukan yang terbaik maka hasil tidak akan pernah mengecewakan. Waktu yang tepat akan datang, terus meraih ilmu sampai dunia berkata “CUKUP.” Jangan pernah berhenti untuk menyerah, selama dunia masih memberi “KESEMPATAN.” Terus maju anak muda, kobarkan Api mu untuk nusa dan bangsa, demi MASA DEPAN yang LEBIH BAIK.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram